Selamat datang di Pusat Informasi Terpadu Ma'had al-Jamiah IAIN Palangka Raya

Sabtu, 17 Februari 2018

Tahsin dan Tahfizh Qur'an 2018


Tahsin dan Tahfizh Qur’an atau yang biasa disebut dengan kegiatan TTQ, biasanya dilaksanakan pada setiap semester II. Kegiatan ini berguna untuk mengukur kemampuan mahasiswa/i baru dalam hal tahfizh Qur’an dengan bacaan yang benar. Sama hal nya dengan kegiatan Bimbingan Membaca Al-Qur’an (BMQ), kegiatan TTQ ini juga sering dilaksanakan setelah ba’da maghrib di Masjid Raya Darussalam bagi mahasantri Ma’had Al-Jami’ah, dan setelah shalat Zuhur bagi Mahasiswi Putri Non Ma’had. Terdapat beberapa orang dalam satu kelompok, yang dibimbing oleh para musyrif/ah atau tutor yang direkrut dari Organisasi LPTQ-M dan LDK (Lembaga Dakwah Kampus) IAIN Palangkaraya. 
Adapun teknis dalam kegiatan TTQ ini, mahasiswa/i dianjurkan menyetorkan hafalan mereka setiap hari. Dengan catatan, bagi mahasiswa/i yang lulus tes BMQ tingkat surah yang harus mereka hafal ialah dari surah Al-Buruj sampai An-Nas, dan bagi mahasiswa/i yang belum lulus tes BMQ tingkat surahnya ialah dari surah Ad-Dhuha sampai An-Nas. Tidak ada salahnya bukan menjadi seorang Tahfizh, dan tidak ada kerugian dalam menghafal kalamullah.
Kegiatan TTQ semester kali ini insya Allah akan dibuka pada hari Minggu, 18 Februari 2018 atau lebih tepatnya malam Senin setelah shalat Maghrib. Kemudian, kegiatan TTQ ini juga menjadi syarat pengambilan sertifikat BMQ. Sampai seberapa jauh hafalnya para mahasiswa/i IAIN Palangkaraya. Hal ini berguna untuk pribadi mahasiswa/i sendiri dalam menghadapi Program PPI atau pun ketika terjun ke masyarakat ketika KKN.

0 komentar:

Posting Komentar

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut