Selamat datang di Pusat Informasi Terpadu Ma'had al-Jamiah IAIN Palangka Raya

Rabu, 09 Mei 2018

INFORMASI MEKANISME PENDAFTARAN MAHAD PERIODE 2018/2019, DISIMAK YA..



PENGUMUMAN 
MAH’AD AL-JAMI’AH TAHUN AKADEMIK 2018/ 2019

Sehubungan dengan membludaknya Mahasiswa baru tahun akademik 2018/ 2019 yang diperkirakan akan mencapai 2000 mahasiswa baru; sedangkan daya tampung asrama Mah’ad Al-Jami’ah 380 mahasiswa, dengan ini diumumkan kepada Mahasiswa baru tahun akademik 2018/ 2019 yang ingin tinggal di Mahad sebagai berikut:
  1. Mahad akan menyeleksi mahasiswa baru untuk diberi kesempatan tinggal di mahad selama 2 semester sebanyak 230 terdiri atas putra 80 dan putri 150, sesuai dengan daya tampung kamar maksimal.
  2. Dari 230 mahasiswa baru, diberikan kuota 10 % atau 23 orang untuk mahasiswa muallaf yang berkomitmen belajar Islam dan mentaati peraturan asrama, dibuktikan dengan hasil interview dengan Pembina asrama. 
  3. Mahasiswa baru yang ingin tinggal di asrama wajib mendaftarkan diri ke nomor kontak 089678873685 dengan mencatumkan nama, prodi dan alamat asal. Pendaftaran dibuka 10 Mei Sampai 11 Juli 2018, dan mengikuti tes seleksi (wawancara). 
  4. Tes wawancara tanggal12-15 Juli 2018 di Mahad Al-JamiahPutri jam 08.00- 16.00.   
  5. Kriteria kelulusan didasarkan pada kelancaran membaca al-Qur’an,  komitmen mentaati peraturan asrama, serta hal lain yang dipandang perlu. 
  6. Hasil tes diumumkan pada 20 Juli 2018 melalui web Mahad Al-Jami’ah.
  7. Daftar ulang bagi mahasiswa yang lulus tes 21-25 Juli  2018. Mahasiswa yang tidak daftar ulang dianggap mengundurkan diri dan akan digantikan mahasiswa cadangan. 
  8. Mahasiswa yang telah daftar ulang wajib masuk asrama pada 1 Agustus 2018.
  9. Mahasiswa yang tidak tinggal di asrama wajib mengikuti kegiatan Program Pembinaan Intensif Mahad (PIM) selama dua pekan secara bergantian selama 8 bulan. Selama kegiatan PIM, mahasiswa wajib tinggal di asrama dan mengikuti kegiatan pembinaan secara intensif yang meliputi pembinaan karakter, bahasa asing, dan ibadah.
  10. Rolling kegiatan PIM akan dijadualkan secara berkala. 
  11. Mahasiswa yang telah mengikuti seluruh kegiatan PIM akan mendapatkansertifikat yang menerangkan bahwa yang bersangkutan telah mengikuti kegiatan di Mahad Al-Jamiah yang ditandatangani oleh Mudir Mahad dan Warek III bidang kemahasiswaan.
Palangkaraya, 7 Mei 2018
  KRITERIA KELULUSAN MAHASISWA BARU YANG BOLEH TINGGAL DI ASRAMA SELAMA TAHUN AKADEMIK 2018/ 2019
ATAU PER 1 AGUSTUS 2018 SAMPAI 30 JUNI 2019
 
  1. Mahasiswa tahfidz Qur’an dibuktikan dengan surat keterangan daripondok/ lembaga atau pernyataan lisan. 
  2. Mampu membaca al-Qur’an dengan lancar dibuktikan dengan praktik langsung membaca al-Qur’an.
  3. Bersedia melaksanakan shalat wajib berjamaah di Masjid Darussalam setiap hari khususnya setiap shalat Maghrib, Isya dan Shubuh, dibuktikan dengan komitmen dan penandatanganan fakta integritas kesediaan tinggal di Mahad selama 2 semester.
  4. Bersedia mengikuti kegiatan kebahasaan (language performance night, English/ Arabic Intensive Course, Vocabulary Building, dan lain-lain) dibuktikan dengan komitmen danpenan datanganan fakta integritas kesediaan tinggal di Mahad selama 2 semester.
  5. Bersedia mengikuti kegiatan pembinaan keagamaan (BMA, Tafsir, FiqhNisa, pelatihan khitabah, maghrib mengaji, shubuh mengaji), dibuktikan dengan komitmen dan penandatangan fakta integritas kesediaan tinggal di Mahadselama 2 semester.
  6. Bersedia membiasakan shalat sunnah di asrama (shalat syuruq, shalat dhuha, dan salat malam) minimal 3 X dalam seminggu. Dibuktikan dengan komitmen dan penandatanganan fakta integritas kesediaan tinggal di Mahad selama 2 semester.
  7.  Bersedia menghemat pemakaian air dan listrik serta menjaga kebersihan dan keamanan asrama. Dibuktikan dengan komitmen dan penandatangan fakta integritas kesediaan tinggal di Mahad selama 2 semester.
  8. Bersedia menerapkan adab dan akhlak Islami dalam kehidupan sehari-hari baik dalam tutur kata, perilaku, dan pergaulan sehari-hari.
  9. Tidak terlibat dalam kegiatan radikalisme dan anti NKRI. Dibuktikan dengan komitmen dan penandatanganan fakta integritas kesediaant inggal di Mahad selama 2 semester.
  10. Tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba, perjudian, tawuran, dan perbuatan asusila.  Dibuktikan dengan komitmen dan penandatanganan fakta integritas kesediaan tinggal di Mahad selama 2 semester.
  11. Pelanggaran terhadap salah satu dari No. 10, mahasiswa yang bersangkutan harus meninggalkan asrama dalam waktu 1 X 24 jam. Dibuktikan dengan komitmen dan penandatanganan fakta integritas kesediaan tinggal di Mahad selama 2 semester.    

2.     
3.     
4.    
5.      
6.     
7.     
8.     

7 komentar:

  1. Apakah mahasiswa yang mau tinggal di asrama harus sleksi.

    BalasHapus
  2. Kenapa harus di seleksi?
    Bukannya lebih baik apabila semua Maba wajib masuk asrama biar mereka bisa lebih paham agama dan lebih kaya ilmu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena kapasitas dari mahasiswa baru yang sangat banyak sehingga tidak dapat masuk semua, makanya diadakan seleksi. Akan tetapi maba juga mendapatkan yang tidak lolos juga nanti wajib mengikuti sebagian kegiatan.

      Hapus
    2. Oh.. Iya syukron infonya.

      Hapus
    3. Seluruh mahasiswa baru akan diwajibkan tinggal di mahad aljamiah jika IAIN Palangkaraya memiliki gedung yg dapat menampung sekitar 2500 maba tiap tahun. Saat ini kemampuan dan kapasitas hanya 250 maba.

      Hapus
  3. Bagaimana jika tidak bisa berbahasa inggris APA tidak lolos? ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak dicantumkan untuk seleksi berbahasa akan tetapi lebih pada baca Al Qur'an dan komitmen kedepan.

      Hapus

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut