Urgent!!! 14 Agustus 2017 batas terakhir harus menempati asrama, konfirmasi 081351600890

Kamis, 10 Agustus 2017

Tes Pengelompokan BMQ gelombang pertama telah dilaksanakan!

Palangka Raya - Sekitar 300 Mahasiswa Baru yang telah tinggal di Ma'had al-Jami'ah IAIN Palangka Raya telah mengikuti tes membaca al-Qur'an di lantai satu Masjid Raya Darussalam pada tanggal 9 Agustus 2017 lalu. Tes yang dilaksanakan oleh pihak UPT Mahad al-Jami'ah beserta para musyif/ah ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualifikasi kemampuan dari mahasiswa-mahasiswa baru yang telah masuk ke IAIN Palangkaraya.

Tes ini juga bertujuan untuk mengelompokkan mahasiswa baru sesuai dengan kualifikasi yang diperolehnya setelah mengikuti tes. Kualifikasinya sendiri terdiri dari 5 kategori yaitu:
  1. Tidak Lancar, yaitu peserta sama sekali tidak dapat membaca al-Qur'an. Kategori ini memiliki kisaran nilai 40 sampai dengan 49.
  2. Kurang Lancar, yaitu peserta dapat membaca al-Qur'an dengan sangat terpatah-patah, kurang lancar, dan sama sekali tidak dapat menerapkan ilmu tajwid. Kategori ini memiliki kisaran nilai 50 sampai dengan 59.
  3. Cukup Lancar, Peserta dapat membaca al-Qur'an dengan agak lancar, sedikit terpatah-patah, dan masih sering melanggar aturan-aturan tajwid seperti panjang/pendek bacaan dan lainnya. Kategori ini memiliki kisaran nilai 60 sampai dengan 69.
  4. Lancar, Peserta dapat membaca al-Qur'an dengan lancar sesuai makhrijul huruf dan mampu menerapkan kaidah-kaidah ilmu tajwid, namun sering mengulang-ulang huruf yang dibacanya. Kategori ini memiliki kisaran nilai 70 sampai dengan 79.
  5. Sangat Lancar, Peserta dapat membaca al-Qur'an dengan lancar sesuai dengan makhrijul huruf dan mampu menerapkan kaidah ilmu tajwid. Kategori ini memiki kisaran nilai 80 sampai dengan 100.
Hasil dari tes ini akan menjadi bahan pertimbangan dalam pembagian kelompok BMQ (Bimbingan Membaca Qur'an) yang akan dilaksanakan pada bulan September oleh pihak UPT Ma'had al-Jami'ah. Untuk peserta yang dianggap memiliki kemampuan membaca al-Qur'an diatas rata-rata ada kemungkinan akan diangkat menjadi tutor sebaya dalam pelaksanaan kegiatan BMQ nantinya.

Tes ini terbagi menjadi 2 gelombang tes, untuk tes gelombang pertama dikhususkan untuk mahasiwa baru yang telah tinggal di asrama yang telah dilaksanakan kemarin tanggal 9 Agustus, sedangkan tes gelombang selanjutnya akan ditujukan kepada mahasiswa baru yang tidak tinggal di asrama. Untuk tes gelombang kedua belum ditentukan tanggal pelaksanaannya. Jadi bagi mahasiswa baru yang diluar asrama diharapkan untuk bersiap-siap. (Am)

0 komentar:

Posting Komentar

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut