Urgent!!! 14 Agustus 2017 batas terakhir harus menempati asrama, konfirmasi 081351600890

Rabu, 23 Maret 2016

Materi Kegiatan Ma'had Al-Jami'ah IAIN Palangka Raya






Kegiatan Ma’had dimaksudkan untuk membimbing mahasiswa baru merealisasikan visi misi dan tujuan-tujuan Ma’had Al-Jamiah. Untuk itu, ma’had membentuk departemen-departemen yang dikelola para musyrif dan musyrifah, diantaranya adalah ketua, sekretaris, bendahara, bidang kebahasaan, pendidikan, keamanan, kebersihan, keagamaan/ dakwah, olahraga dan seni, dan sarana dan prasarana. Bidang kebahasaan menangani pengembangan bahasa asing (arab dan Inggris) yang meliputi  vocabulary buliding, intensive English course, dan public speech. Bidang keagamaan menangani kegiatan BMQ (Bimbingan Membaca Al-Qur’an), shalat jamaah di masjid, tadarrus al-Qur’an, tahfidzul Qur’an, khatmul Qur’an, Yasinan, kajian Tafsir (putra), fiqh nisa (putri) dan qiyamullail. Di antara program-program yang telah dilaksanakan oleh UPT Ma’had Al-Jami’ah IAIN Palangka Raya antara lain.

Deskripsi dan Tujuan Kegiatan UPT Ma’had Al-Jami’ah IAIN Palangka Raya
No.
Nama Program
Diskripsi Kegiatan
Tujuan Kegiatan
1.
Intensive English/ Arabic Course
Intensive English/ Arabic Course ialah Pembinaan kebahasaan yang dikelola oleh depertemen kebahasaan dibawah koordinasi Pembina asrama bidang kebahasaan. Pembelajaran bahasa Arab dan bahasa Inggris Waktu pembelajaran dilakukan sehabis shalat shubuh yang dimulai pukul 05.00 sampai 06.30.  Pembelajaran bahasa Arab  menggunakan standar buku al-Arabiyah baina Yadaik, yang meliputi tiga maharah dan Qawaid (kitabah, Qiroah, Istima’, kalam). Sedangkan pembelajaran bahasa Inggris menggunakan handouts, podcast, serta kumpulan materi yang telah disiapkan para tutor.  Penggunaan bahasa asing juga diterapkan pada setiap pengumuman dan informasi melalui mading, sound system di Ma’had Al-Jami’ah. Pembinaan kebahasan juga dilakukan melalui pemutaran kaset berbahasa Arab & Inggris pada waktu tertentu melalui sound system informasi di asrama.
a.       memiliki ketrampilan berbahasa asing sebagai alat komunikasi.
b.      membina ketrampilan mahasiswa di bidang bahasa asing, terutama Inggris dan Arab, sehingga mahasiswa dapat berkomunikasi dalam pergaulan internasional.
c.       Menekankan pada praktik menerapkan bahasa asing
2.
Bimbingan Membaca Al-Qur’an (BMQ)

Bimbingan Membaca Al-Qur’an (BMQ) adalah kegiatan untuk membina ketrampilan membaca al-Qur’an yang diadakan 4 kali setiap pekan selama 90 menit (pukul 17.30- 19.00), mulai shalat Maghrib berjamaah sampai Isya berjamaah di Masjid Raya Darussalam. Kegiatan Bimbingan Membaca Al-Qur’an (BMQ) di Ma’had al-Jami’ah dilakukan di bawah koordinasi tim panitia BMQ yang terdiri atas dosen dan mahasiswa senior sebagai instruktur. BMQ dilaksanakan dengan membuat sistem kelompok  sesuai kemampuan mahasiswa berdasarkan hasil placementest di awal penerimaan mahasiswa baru. Masing-masing kelompok dibimbing oleh seorang instruktur. Masing-masing kelompok dibimbing seorang instruktur dari mahasiswa senior yang dianggap berkompeten dan ditunjuk langsung oleh ketua program BMQ. Dalam proses pembelajaran, instruktur terlebih dahulu memastikan kemampuan peserta didiknya dalam fashohah, tajwid, dan kelancaran membaca yang kemudian dibimbing dan diberikan pemahaman sekaligus praktik dalam membaca al-Qur’an. Masing-masing kelompok dikelola secara perorangan dan menggunakan Iqra’ bagi yang belum mampu membaca dengan baik dan benar. Sedangkan bagi yang dianggap mampu membaca dengan baik dan benar diarahkan untuk dapat memahami dan menghafal mulai dari Juz Amma (juz 30) sampai beberapa surah-surah pilihan yang telah ditentukan panitia. Kegiatan BMQ wajib ditempuh seluruh mahasiswa baru baik yang tinggal di Ma’had Al-Jami’ah ataupun yang tinggal di luar Ma’had.
a.     Membina ketrampilan membaca al-Qur’an sesuai dengan ilmu tajwid.
b.     Melatih ketrampilan membaca al-Qur’an, sehingga fasih, lancar, dan mengikuti hukum-hukum bacaan dalam membaca al-Qur’an
3.
Shalat Berjamaah
Shalat berjamaah dikelola oleh bidang keagamaan. Kegiatan ini diwajibkan kepada seluruh penghuni asrama. Kegiatan shalat berjamaah terutama shalat Shubuh, Maghrib dan Isya diadakan di Masjid Raya Darussalam.  Setiap selesai shalat berjamaah maghrib, mahasiswa diwajibkan mengikuti tadarrus al-Qur’an dan kegiatan BMQ sampai Isya. Dalam rangka mendekatkan mahasiswa dengan Allah dan meningkatkan stamina ruhiyah, bidang keagamaan juga mengkoordinasikan puasa sunnah bersama setiap senin dan kamis serta mengadakan kegiatan buka puasa sunnah bersama di Masjid Raya Darussalam, dan shalat malam bersama di asrama.

a.        menciptakan Islamic cultures, yaitu membiasakan mahasiswa melakukan shalat wajib berjamaah di masjid sebagaimana perintah Rasulullah Saw.
b.       melibatkan mahasiswa dalam memakmurkan masjid di sekitar kampus.
c.        Meningkatkan hubungan dengan Allah
d.       Membiasakan shalat berjamaah dan Melatih kedisplinan mahasiswa.
4.
Kajian Tafsir
Kegiatan ini dikelola bidang keagamaan setiap hari Selasa mulai pukul 20.00- 21.30 di asrama putra. Adapun yang menjadi pemateri kegiatan ini adalah Pembina asrama. Materi kajian tafsir meliputi tafsir surat-surat pilihan dalam juz amma serta Juz 28 dan 29. Selain itu, dalam kegiatan ini, mahasiswa juga dibekali dengan video-video motivasi agar mereka bersemangat  dalam belajar. Teknik yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah metode ceramah dan diskusi.

a. mengenalkan kepada mahasiswa tentang esensi ajaran Islam, asbabunnuzul, dan pelajaran-pelajaran yang dapat dipetik dari ayat-ayat al-Qur’an.
b.    Mendekatkan mahasiswa dengan al-Qur’an
5
Fiqh Nisa
Kegiatan ini dikelola bidang keagamaan (putri) setiap hari Selasa, pekan kedua dan keempat di asrama putri pukul 20.00- 21.30 WIB. Adapun yang menjadi pemateri kegiatan ini adalah Pembina asrama. Materi kajian Fiqhunnisa meliputi tugas muslimah, etika bersuci, birrulwalidain, pernikahan dalam Islam, etika pergaulan, adab kuliah di IAIN Palangka Raya, dan lain-lain. Selain itu, dalam kegiatan ini, mahasiswa juga dibekali dengan video-video motivasi agar mereka bersemangat  dalam belajar  Kajian  fiqhunnisa’ (Fiqih wanita) diadakan dua kali dalam sebulan mulai pukul 20.00- 21.30 di asrama putri.
a. mengenalkan prinsip-prinsip ajaran Islam khususnya tentang fikih wanita.
b.Memberikan  motivasibelajar dan tugas-tugas muslimah.
c.     Memberikan arahan dan bimbingan agar menjadi muslimah yang sukses.
6.
Khatmul Qur’an

Khatmul Qur’an adalah kegiatan yang diadakan setiap bulan sekali selama 10 jam, mulai jam 20.00 sampai jam 06.00. Kegiatannya meliputi: pembukaan, pengarahan, tilawatil Qur’an, istirahat malam, qiyamullail, shalat shubuh berjamaah, doa/ wirid, dan penutupan.Kegiatan ini dikelola oleh bidang keagamaan setiap bulan sekali. Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh penghuni Ma’had al-Jamiah serta mahasiswa baru yang tinggal di luar Ma’had. Kegiatan ini meliputi tilawatil Qur’an 30 juz yang dibagi ke setiap kelompok mahasiswa, shalat maghrib dan isya berjamaah, serta siraman rohani.
a.    mendekatkan mahasiswa dengan al-Qur’an melalui membacanya dan mentadabburinya.
b.   Mahasiswa terbiasa mengkhatamkan tilawah al-Qur’an 30 juz dalam waktu satu bulan.
c.    Mahasiswa senantiasa dekat dengan al-Qur’an sebagai pedoman hidup kaum yang beriman, serta membiasakan Qiyamullail pada malam hari.

7.
Rapat Evaluasi
Rapat evaluasi diadakan setiap bulan dua kali, yaitu setiap pekan kedua dan keempat mulai pukul 20.00 – 23.00. Rapat dibuka dengan tilawatil Qur’an, arahan-arahan Pembina asrama, mengagendakan masalah, mecari solusi bersama, membuat keputusan-keputusan rapat, penutup.
a.    Membahas program-program kerja yang sedang dilaksanakan.
b.Mencari solusi bersama dalam memecahkan  masalah di lapangan
c.    Mengevaluasi kegiatan. 
d.Sarana menyatukan visi dan gagasan.

0 komentar:

Posting Komentar

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut